Deskripsi ESC

STUDENT CONFERENCE

 

Sejak tahun akademik 2013/2014, Program Studi Ekonomi Pembangunan secara rutin setiap semester menyelenggarakan kegiatan student conference. Student conference merupakan kegiatan pertemuan ilmiah bagi mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Ekonomi Pembangunan untuk mendiskusikan penelitian di bidang ekonomi yang telah dan/atau tengah mereka lakukan. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa dan mahasiswi mempresentasikan penelitiannya di forum terbuka, di hadapan para discussant dan mahasiswa lain baik dari kelasnya maupun di luar kelasnya.

Kegiatan ini dilatar belakangi oleh pentingnya peningkatan mutu evaluasi pembelajaran di Program Studi Ekonomi Pembangunan dan perlunya mahasiswa mengalami proses nyata dalam diseminasi langsung karya ilmiah mereka masing-masing. Tujuan diadakannya kegiatan student conference secara rutin ini di antaranya adalah menjadi tempat bagi mahasiswa untuk mengalami proses pembelajaran secara langsung untuk mempresentasikan dan mempertahankan argumen di dalam forum yang tidak terbatas di lingkungan kelas. Di samping itu, student conference juga menjadi ruang bagi mahasiswa untuk mendapatkan umpan balik atas makalah yang ditulis dan disajikan dalam forum terbuka. Hal ini pun menjadi bagian dari upaya peningkatan mutu evaluasi pembelajaran di Program Studi Ekonomi Pembangunan UNPAR.

Dengan diselenggarakannya kegiatan student conference ini, kualitas dan kompetensi mahasiswa dalam penguasaan bidang ekonomi mengalami peningkatan, begitu pula dengan kompetensi ketrampilan merumuskan, menulis, dan mempresentasikan hasil kajian ilmiah terbuka.

Sebagai bentuk apresiasi, pada penutukan konferensi diumumkan tiga makalah terbaik. Hal ini juga dapat menjadi motivasi bagi penulis lain untuk meningkatkan kualitas artikelnya yang dapat dikembangkan di kemudian hari.

Artikel-artikel yang sudah dipresentasikan dalam kegiatan student conference ini didokumentasikan dalam Proceedings yang tersedia di Perpustakaan UNPAR