EKONOMI INDUSTRI DAN PERDAGANGAN

EKONOMI INDUSTRI DAN PERDAGANGAN

Kajian EIP sering kali diidentikkan dengan kajian mengenai sektor riil (real sector). Sektor riil mencakup sektor yang memproduksi barang dan jasa, sektor perdagangan domestik dan internasiona, serta  ketenagakerjaan. Bidang Kajian EIP Prodi EP UNPAR secara spesifik mempelajari tentang Ekonomi Industri, Ekonomi Internasional, Ekonomi Pertanian dan Ekonomi Sumber Daya Manusia. Di masing-masing mata kuliah tersebut dibahas tentang struktur dan mekanisme pasar yang berlaku, hasil dari mekanisme pasar yang berlaku, kebijakan pemerintah untuk mengintervensi kondisi yang dihasilkan melalui mekanisme pasar serta isyu-isyu terakhir di masing-masing bidang. Untuk menempuh mata-kuliah yang disebutkan di atas, disyaratkan pemahaman teori Ekonomi Mikro dan Teori Ekonomi Makro. Mahasiswa yang memilih bidang kajian EIP diwajibkan menempuh: Ekonomi Internasional (6 sks), Ekonomi Pertanian (4 sks), Ekonomi Industri (4 sks), Ekonomi Sumber Daya Manusia (4 sks), Seminar EIP (4 sks), dan Skripsi EIP (6 sks).  Penjelasan mengenai setiap mata kuliah wajib tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ekonomi Internasional

Matakuliah Ekonomi Internasional bertujuan memberi pemahaman tentang berbagai teori dan kebijakan perdagangan internasional serta sisi keuangan dalam ekonomi internasional. Berbagai topik yang akan dibahas dalam mata kuliah ini antara lain adalah: teori perdagangan klasik – modern, masalah strategi dan kebijakan perdagangan internasional, kerjasama regional dan MNC, masalah neraca pembayaran, pasar valuta asing, sistim kurs dan lembaga moneter internasional.

  • Ekonomi Pertanian

Matakuliah Ekonomi Pertanian membahas tentang usaha tani yang beroperasi di pasar yang penuh dengan ketidakpastian. Dengan menggunakan kerangka pikir ekonomi mikro dibahas bagaimana efisiensi usaha tani mempengaruhi kesejahteraan petani, serta berbagai upaya yang mungkin dilakukan untuk memitigasi risiko yang dihadapi usaha tani. Topik : (1) Masalah dan kebijakan pertanian di Indonesia; (2) Teori produksi usaha tani; (3) Stabilisasi harga komoditas pertanian; dan (4) Kesejahteraan petani.

  • Ekonomi Industri

Matakuliah Ekonomi Industri membahas tentang perusahaan/industri yang beroperasi dipasar yang penuh dengan ketidakpastian. Dengan menggunakan kerangka pikir ekonomi/teori ekonomi baik mikro maupun makro, dibahas tentang efisiensi produksi , struktur pasar, keputusan dan kinerja perusahaan yang saling berinteraksi. Materi pokok ini mencakup : (1) Hipotesis effisiensi; (2) Paradigma struktur-perilaku-kinerja: (3) Analisis Input-Output; dan (4). Kebijakan pemerintah di sektor industri dan keterkaitannya dengan sektor ekonomi lainnya.

  • Ekonomi Sumber Daya Manusia

Matakuliah Ekonomi Sumber Daya Manusia bertujuan memberi pemahaman tentang bekerjanya pasar tenaga kerja dan kinerja yang dihasilkan, pengambilan keputusan pekerja maupun calon pekerja serta kebijakan pemerintah di bidang ketenagakerjaan. Dengan menggunakan landasan teori Mikro dan Makro akan dibahas topik-topik seperti penawaran tenaga kerja dan investasi modal manusia, family economics, penentuan dan struktur upah, serikat pekerja dan collective bargaining, diskriminasi di pasar tenaga kerja, produktivitas tenaga kerja serta pengangguran.

  • Seminar Ekonomi Industri dan Perdagangan

Seminar EIP membahas masalah dan kebijakan dalam bidang industri dan perdagangan dari aspek teori dan empiri. Mahasiswa secara perorangan membuat kajian ilmiah dalam bidang industri dan perdagangan yang diminati. Hasil akhir berupa makalah disajikan dalam konferensi pada lingkup program studi.

  • Skripsi Ekonomi Industri dan Perdagangan

Skripsi EIP merupakan penelitian tentang masalah dan/atau kebijakan di bidang industri dan perdagangan yang dilakukan mahasiswa dibawah bimbingan satu atau lebih dosen pembimbing. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat berdasarkan kajian atas minimal dua karya ilmiah terpublikasi secara internasional. Hasil penelitian dituliskan sebagai laporan penelitian yang disajikan dan dipertahankan dihadapan para penguji skripsi dalam ujian terbuka yang juga berfungsi sebagai sidang sarjana.