EKONOMI MONETER DAN KEUANGAN (EMK)

EKONOMI MONETER DAN KEUANGAN (EMK)

Bidang kajian EMK membahas masalah dan kebijakan di bidang moneter, fiskal, perbankan, dan keuangan. Kesenjangan antara sektor riel dengan sektor keuangan dan stabilitas keuangan menjadi kata kunci bahasan. Mahasiswa yang memilih bidang kajian EMK wajib mengambil: Ekonomi Keuangan Publik (4 sks), Ekonomi Perbankan (6 sks), Ekonomi Moneter (4 sks), Ekonomi Keuangan (4 sks), Seminar EMK (4 sks), dan Skripsi EMK (6 sks). Deskripsi masing-masing mata kuliah wajib tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ekonomi Keuangan Publik

Matakuliah ini membahas tentang peranan pemerintah dalam perekonomian dengan menggunakan kerangka teori ekonomi mikro dan makro. Materi pokok dalam matakuliah ini adalah: (1) Pengeluaran pemerintah dan anggaran (2) Sumber pembiayaan pemerintahan (3) Risiko pengelolaan fiskal dan (4) Tema khusus yang berbeda dalam setiap penyelenggaraan matakuliah ini.

  • Ekonomi Perbankan

Matakuliah Ekonomi Perbankan membahas tentang bank sebagai lembaga bisnis yang menjalankan fungsi intermediasi dengan menerima simpanan dan menyalurkan kredit. Kerangka berpikir ekonomi mikro dan makro menjadi dasar analisa: (1) bank sebagai pencari laba vs lembaga intermediasi; (2) kompetisi dan regulasi: peran bank sentral dan otoritas jasa keuangan; (3) kebijakan makroprudential dan kebiajkan mikrprudential; (4) Tema pilihan yang berbeda setiap semester.

  • Ekonomi Moneter

Matakuliah Ekonomi Moneter membahas tentang kebijakan moneter yang dipengaruhi dan mempengaruhi kondisi perekonomian. Menganalisis para pelaku moneter menjalankan mekanisme transmisi dalam lingkungan yang penuh dengan ketidak-pastian dengan menggunakan kerangka pikir ekonomi mikro dan makro. Materi pokok: (1) Permintaan dan penawaran uang; (2) Uang dan inflasi; (3) Peran dan fungsi otoritas moneter dalam mekanisme transmisi; dan (4) Kebijakan moneter.

  • Ekonomi Keuangan

Matakuliah Ekonomi Keuangan membahas tentang lembaga dan instrumen keuangan sebagai pranata sektor keuangan yang secara bersama-sama dengan pranata sektor riil saling berinteraksi dan mempengaruhi perekonomian secara makro dalam lingkungan yang penuh dengan ketidakpastian. Materi pokok: (1) Sektor keuangan; (2) Struktur tingkat bunga; (3) Pasar keuangan; dan (4) Tema pilihan yang berbeda setiap semester.

  • Seminar Ekonomi Moneter dan Keuangan

Seminar EMK membahas masalah ekonomi di bidang moneter, fiskal, perbankan, dan keuangan dari aspek teori dan empiri. Mahasiswa secara perorangan membuat kajian ilmiah dalam bidang moneter dan keuangan yang diminati. Hasil akhir berupa makalah disajikan dalam konferensi ekonomi pada lingkup program studi

  • Skripsi Ekonomi Moneter dan Keuangan

Skripsi EMK merupakan penelitian tentang masalah dan/atau kebijakan di bidang moneter, fiskal, perbankan, dan keuangan lainnya yang dilakukan mahasiswa dibawah bimbingan satu atau lebih dosen pembimbing. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat berdasarkan kajian atas minimal dua karya ilmiah terpublikasi secara internasional. Hasil penelitian dituliskan sebagai laporan penelitian yang disajikan dan dipertahankan dihadapan para penguji skripsi dalam sidang terbuka yang juga berfungsi sebagai sidang sarjana.