Sunday , 23 July 2017
Home » Akademik

Akademik

TUJUAN DAN SASARAN KURIKULUM 2013

Dari hasil pendataan alumni, lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan dapat bekerja di bidang apa saja – pemerintahan atau swasta, lembaga berorientasi profit atau non-profit, bahkan wirausaha.  Secara umum, lima tahun pertama setelah lulus, pekerjaan lulusan dapat dikelompokkan menjadi:

  1. Membantu peneliti / pengamat ekonomi untuk menghasilkan kajian dan usulan kebijakan ekonomi;
  2. Melanjutkan studi ke jenjang magister di bidang ekonomi atau bisnis;
  3. Melaksanakan pekerjaan manajerial di perusahaan ataupun lembaga non profit; atau
  4. Berwirausaha.

Berdasarkan hal tersebut, pembelajaran melalui Kurikulum 2013 ditujukan untuk menghasilkan sarjana ekonomi yang:

  1. Mampu mengenali, mengerti, memahami, dan merumuskan pemecahan masalah atau kebijakan ekonomi dalam bidang yang diminati (moneter dan keuangan, kawasan dan lingkungan, atau industri dan perdagangan); dan
  2. Mampu bertindak sebagai manusia pembelajaran yang cerdas, terampil, berbudi luhur, dan mampu berkembang bersama dan untuk manusia lain.

Sasaran Kurikulum 2013 (learning objectives) adalah:

  1. Lulusan mampu menuliskan hasil pemikiran ilmiah dalam bidang ekonomi moneter dan keuangan, kawasan dan lingkungan, atau industri dan perdagangan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah;
  2. Lulusan mampu terus mengembangkan kompetensinya bersama dan untuk lingkungannya;
  3. Lulusan dapat bertindak benar dalam situasi dimana ada dilema etis dan/atau regulatoris.

Sasaran Kurikulum tersebut dijabarkan lebih lanjut dalam beberapa kompetensi, di mana kompetensi utama lulusan Kurikulum 2013 adalah:

  1. Kompetensi melakukan kajian ilmiah dalam bidang ekonomi yang diminati dan mengkomunikasikan hasilnya secara lisan maupun tertulis;
  2. Kompetensi bekerja dalam kelompok;
  3. Kompetensi belajar secara mandiri; dan
  4. Kompetensi personal sebagai pribadi unggul.

Seluruh kompetensi yang disasar oleh Kurikulum 2013 dibelajarkan melalui sekitar 40 matakuliah dengan beban studi total 144 sks. Mahasiswa dinyatakan menyelesaikan studi bila mahasiswa berhasil menyelesaikan minimal 144 sks beban studi dengan komposisi tertentu dan capaian mutu tertentu dalam batas maksimal 14 semester terpakai.

Komposisi yang harus dipenuhi adalah lulus dari semua matakuliah wajib umum dan wajib bidang kajian yang dipilih.  Capaian mutu minimal adalah: Indeks Prestasi Kumulatif dari minimal 144 sks minimal 2,00, semua matakuliah kendali mutu mempunyai nilai akhir minimal C, dan jumlah nilai akhir D maksimal 4.

KERANGKA DAN STRUKTUR KURIKULUM 2013

Seluruh matakuliah yang rata-rata ditempuh mahasiswa (sekitar 40 matakuliah) dapat diselesaikan dalam 8 semester.  Matakuliah dengan jenjang kesukaran 1 diharapkan dapat diselesaikan pada semester ke-1 dan ke-2, matakuliah jenjang 2 diharapkan dapat diselesaikan pada semester ke-3 dan ke-4, matakuliah jenjang 3 untuk diselesaikan pada semester ke-5 dan ke-6, dan matakuliah jenjang 4 untuk diselesaikan pada semester ke-7 dan ke-8.  Susunan matakuliah pada setiap semester disajikan dalam Tabel 1.

Pada semester pertama, mahasiswa menempuh sejumlah matakuliah yang ditetapkan oleh Program Studi, sedangkan pada semester-semester berikutnya mahasiswa menempuh matakuliah berdasarkan pemenuhan syarat penempuhan dan ketersediaan matakuliah.  Pemenuhan syarat penempuhan merupakan syarat akademik yang ditentukan berdasarkan kedalaman atau kesukaran materi bahasan, sedangkan ketersediaan matakuliah merupakan aspek manajerial penyelenggaraan matakuliah.  Runtun materi bahasan membentuk alur matakuliah yang disajikan dalam Tabel 2, sedangkan ketersediaan matakuliah secara umum disajikan dalam Tabel 3.

Dari 144 sks yang harus diselesaikan, 89 sks bersifat wajib bagi setiap mahasiswa, selebihnya adalah pilihan kajian dan pilihan bebas.  Ke 89 sks beban studi wajib umum tersebut ditempatkan dalam 15 matakuliah (64 sks) berkode ESE, 2 matakuliah (6 sks) berkode ESM, 1 matakuliah (3 sks) berkode ESA, dan 8 matakuliah (16 sks) berkode MKU.

Bidang kajian yang ditawarkan dalam Kurikulum 2013 ada tiga: Ekonomi Moneter dan Keuangan (EMK), Ekonomi Kawasan dan Lingkungan (EKL), dan Ekonomi Industri dan Perdagangan (EIP).  Mahasiswa memilih bidang kajian yang diminati, penetapan bidang kajian oleh Program Studi hanya untuk keperluan penginputan data ke Sistem Informasi Akademik.  Setelah mahasiswa memilih bidang kajian yang diminati, semua matakuliah dalam bidang kajian tersebut wajib ditempuh sedangkan matakuliah bidang kajian lain dapat ditempuh sebagai matakuliah pilihan kajian.

Matakuliah pilihan bebas dapat dipilih dari matakuliah berkode ESE atau matakuliah dari prodi lain di lingkungan Unpar. Program Studi akan menawarkan sejumlah topik kontemporer untuk menjadi matakuliah pilihan bebas. Matakuliah topik khusus dan/atau metode khusus tersebut ditawarkan pada bulan Januari setiap tahun untuk diselenggarakan pada bulan Juni dan Juli tahun tersebut.