Tuesday , 30 May 2017
Home » Akademik » Deskripsi Matakuliah

Deskripsi Matakuliah

Deskripsi Matakuliah

Lihat Tabel 2 untuk mengetahui apakah secara administratif akademik Anda diijinkan menempuh matakulih tertentu.

 

Matakuliah Jenjang 1

ESE.101.03 – Pengantar Ekonomi Mikro

Status: wajib umum

Matakuliah Pengantar Ekonomi Mikro membahas tentang mengapa dan bagaimana para pelaku ekonomi sebagai individual memproduksi dan/atau mengkonsumsi, serta akibat dari keputusan tersebut bagi permintaan dan/atau penawaran yang berinteraksi di pasar dan mempengaruhi kesejahteraan semua pihak. Dalam matakuliah ini juga diperkenalkan alasan dan cara pemerintah terlibat dalam kegiatan ekonomi.

ESE.102.03 – Pengantar Ekonomi Makro

Status: wajib umum

Mata kuliah ini bertujuan membahas kerangka kerja sebuah perekonomian. Mahasiswa diperkenalkan pada indikator-indikator penting ekonomi makro seperti PDB, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, suku bunga dan nilai tukar. Disamping itu juga dibahas cara penentuan indikator-indikator tersebut dan kebijakan Moneter dan Fiskal yang digunakan untuk meredam fluktuasi indikator-indikator tersebut dalam jangka pendek.

ESE.103.06 – Matematika untuk Ekonomi

Status: wajib umum

Matakuliah ini membahas penggunaan matematika untuk analisis statis dan komparatif statis dalam teori ekonomi. Mahasiswa diperkenalkan pada konsep-konsep function, equation, static analysis, dan comparative static analysis. Selain itu, diperkenalkan juga konsep-konsep dan teknik kalkulus yang diperlukan dalam analisis ekonomi, seperti optimasi, analisis marjinal, multivariate functions, dan integrasi.

ESE.104.06 – Statistika untuk Ekonomi

Status: wajib umum

Matakuliah Statistika Ekonomi membahas tentang statistika parametrik (deskriptif dan inferens) sebagai alat pengolah data untuk keperluan penelitian atau pengambilan keputusan di bidang ekonomi dan bisnis. Juga dibahas di sini statistika multivariat, yang mencakup teknik-teknik multivariat dan intepretasi hasil. Materi pokok: (1) Distribusi frekuensi; (2) Penyebaran data; (3) Distribusi probabilita (normal dan diskrit); (4) Metoda sampling dan distribusi sampling, (5) Uji hipotesis; (6) Analisis varians; (7) Regresi linier dan berganda; (8) Analisis korelasi; (9) Clustering; (10) Factor analysis; (11) Discriminant analysis; (12) Composite index, (13) Path analysis; (14) MANOVA; (15) Multidimensional scaling; (16) Logistic correlation; dan (17) Canonical scaling. Perkuliahan didukung program SPSS.

ESM.101.03 – Pengantar Bisnis

Status: wajib umum

Matakuliah ini memamparkan bagaimana seorang pengusaha menjalankan aktivitas bisnisnya di dalam lingkungan persaingan bisnis yang senantiasa berubah. Pokok bahasan: aspek pemasaran, aspek operasional, aspek organisasi dan sumberdaya manusia, aspek keuangan, aspek etika dalam lingkungan bisnis, serta perkembangan teknologi dalam bisnis.

ESM.105.03 – Pengantar Manajemen

Status: wajib umum

Matakuliah ini dirancang untuk memahami bahwa manajemen adalah proses bekerja dengan orang lain serta memanfaatkan sumberdaya dengan efisien, untuk mencapai tujuan organisasi. Proses tersebut dijalankan dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen (POLC). Dalam matakuliah ini akan dibahas rangkaian kegiatan yang sistematis dan logis, berupa fungsi-fungsi manajerial yang harus dipenuhi oleh setiap manajer di tengah lingkungan yang dinamis.

ESA.107.03 – Pengantar Akuntansi

Status: wajib umum

Matakuliah ini membahas unsur-unsur utama dalam bisnis, di antaranya (1) kemampuan memahami informasi akuntansi dalam bentuk lopran keuangan untuk pengambilan keputusan bisnis, (2) pemahaman tentang bentuk perusahaan, serta struktur modalnya, (3) pemahaman tentang siklus dan system akuntansi dan cara penyusunan laporan keuangan, (4) pemahaman tenatang akuntansi untuk usaha perdagangan, (5) elemen utama bisnis, seperti hasil penjualan, aba bersih, biaya, laba operasi, serta cash flow.

 

Matakuliah Jenjang 2

ESE.201.06 – Teori Ekonomi Mikro

Status: wajib umum dan kendali mutu

Matakuliah Teori Ekonomi Mikro merupakan pendalaman lebih lanjut dari Pengantar Ekonomi Mikro. Diskusi dalam matakuliah ini akan lebih menitikberatkan kepada analisa formal-matematis. Setiap topik akan dibahas dari 3 sudut: grafis, matematis, dan penjelasan verbal (interpretasi). Secara garis besar, materi mencakup ulasan dalam asumsi kepastian (certainty) maupun dalam asumsi ketidakpastian (uncertainty). Pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk problem-based learning di mana mahasiswa akan dihadapkan kepada aneka bentuk soal maupun kasus dan mahasiswa bekerja untuk mencapai solusi yang paling tepat.

ESE.202.06 – Teori Ekonomi Makro

Status: wajib umum dan kendali mutu

Kesejahteraan masyarakat diukur dengan beberapa indikator ekonomi, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi dan tingkat pengangguran. Mata kuliah Teori Ekonomi Makro membahas indikator-indikator ekonomi makro dan keterkaitan antar indikator tersebut. Mahasiswa yang lulus mata kuliah ini diharapkan mampu: melakukan analisis terhadap kinerja ekonomi suatu negara atau wilayah melalui indikator ekonomi makro; menjelaskan keterkaitan dan hubungan sebab-akibat antar variabel ekonomi makro; dan merancang kebijakan ekonomi yang sesuai. Analisis dilakukan dalam konteks jangka pendek, sedang dan panjang dengan memperhitungkan keseimbangan di pasar barang (sektor riil) maupun pasar aset (sektor moneter), untuk perekonomian tertutup (closed economy) dan perekonomian terbuka (open economy), serta memperhitungkan peran ekspektasi. Pro dan kontra dalam kebijakan ekonomi makro juga akan dibahas untuk memperkaya wawasan.

ESE.203.04 – Ekonometrika

Status: wajib umum dan kendali mutu

Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk melakukan analisis kuantitatif dasar terhadap fenomena ekonomi dengan mengaplikasikan matematika, statistika dan teori ekonomi  terhadap data ekonomi. Di samping  mempelajari  bagaimana model-model ekonometri dibangun beserta asumsi-asumsinya, dalam mata kuliah ini mahasiswa juga berlatih untuk mengaplikasikannya dengan menggunakan software Eviews.

ESE.204.06 – Metode Penelitian Ekonomi

Status: wajib umum dan kendali mutu

Matakuliah ini membahas mengapa dan bagaimana penelitian ekonomi direncanakan, dilaksanakan dan dilaporkan serta disebarluaskan. Materi pokok: (1) Karakteristik pokok penelitian; (2) Penyusunan tinjauan pustaka; (3) Perancangan penelitian; dan (4) Penulisan dan penyajian proposal dan laporan penelitian.

ESE.205.03 – Pendekatan Sistem

Status: wajib umum

Pendekatan Sistem membahas tentang cara memandang rangkaian kegiatan, kejadian, atau keadaan sebagai suatu kesatuan dalam lingkungan yang lebih luas. Setelah sesuatu diidentifikasi sebagai system, maka dapat ditelaah hal-hal pembentuk system serta hal-hal di luar system yang mempengaruhi kerja atau keadaan, bahkan keberadaan sistem itu. Pembahasa diarahkan kepada kejadian atau keadaan ekonomi, misalnya dalam sistem produksi dan sistem ekonomi yang mempengaruhi pengambilan keputusan (baik individu maupun kelompok).

ESE.206.03 – Ekonomi Pembangunan

Status: wajib umum

Ekonomi Pembangunan membahas perekonomian yang berproses menuju ke kinerja yang lebih tinggi melalui berbagai strategi dan kebijakan pembangunan. Berbagai teori dan model pembangunan ekonomi dibahas dalam konteks kebijakan pembangunan ekonomi yang menjadi bagian dari kebijakan pembangunan negara. Materi pokok: (1) Berbagai teori dan model pertumbuhan ekonomi; (2) Masalah hutang luar negeri; dan (3) Masalah ketimpangan.

ESE.207.03 – Perekonomian dan Bisnis Indonesia

Status: wajib umum

Membahas perekonomian dan dunia bisnis di Indonesia dewasa ini serta tantangan yang dihadapi, ditinjau dari sudut pandang ekonomi. Materi pokok: (1) Esensi pembangunan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia; (2) Sistem ekonomi Indonesia dari segi historis, teoretis dan kontemporer; (3) Konsep pertumbuhan dan pembangunan ekonomi; (4) Distribusi dan ketimpangan pendapatan; (5) Indikator makro ekonomi Indonesia; (6) Peran pemerintah Indonesia dalam kebijakan ekonomi, sumberdaya manusia, fiskal dan moneter, perdagangan luar negeri, industri dan pertanian; (7) Cara pandang ekonomi dan komprehensif terhadap perkembangan dunia usaha di Indonesia.

 

Matakuliah Jenjang 3

Semua Bidang Kajian

ESE.313.04 – Perencanaan Pembangunan Ekonomi

Status: wajib umum

Matakuliah ini membahas tentang dasar-dasar perencanaan pembangunan di bidang ekonomi, terutama di Indonesia, dan bagaimana perencanaan pembangunan ekonomi berusaha menjawab persoalan-persoalan kemakmuran dan kesejahteraan.

ESE.314.03 – Sejarah Pemikiran Ekonomi

Status: wajib umum

Matakuliah ini membahas tentang perubahan kerangka berpikir dalam ilmu ekonomi serta arahannya, juga evolusi mashab-mashab dalam ilmu ekonomi. Mahasiswa diharapkan dapat memahami kondisi perekonomian yang melandasi pembentukan pola pikir ekonomi. Materi pokok: (1) Sejarah perekonomian; (2) Mashab pra-klasik; (3) Mashab klasik; (4) Mashab Keynes; dan (5) Mashab modern dan kontemporer.

ESE.315.04 – Kapita Selekta Teori Ekonomi

Status: wajib umum

Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang dasar teori ekonomi mikro dalam analisis makro. Untuk itu, mahasiswa diharapkan memahami teori dasar ekonomi mikro seperti teori perilaku konsumen, teori biaya dan ekonomi perilaku. Metode pembelajaran akan menerapkan project based learning di mana mahasiswa menerapkan teori dasar ekonomi untuk menganalisis dan memahami fenomena yang dipilih sebagai topik proyek kelompok.

 

Matakuliah Jenjang 3

Bidang Kajian Ekonomi Moneter dan Keuangan (EMK)

ESE.301.04 – Ekonomi Moneter *

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EMK, pilihan bagi lainnya

Matakuliah Ekonomi Moneter membahas tentang pelaku dan kebijakan moneter yang dipengaruhi dan mempengaruhi kondisi perekonomian. Menganalisis para pelaku moneter menjalankan mekanisme transmisi dalam lingkungan yang penuh dengan ketidak-pastian dengan menggunakan kerangka pikir ekonomi mikro dan makro. Materi pokok: (1) Permintaan dan penawaran uang; (2) Uang dan inflasi; (3) Peran dan fungsi otoritas moneter dalam mekanisme transmisi; dan (4) Kebijakan moneter.

ESE.302.04 – Ekonomi Keuangan

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EMK, pilihan bagi lainnya

Matakuliah Ekonomi Keuangan membahas tentang lembaga dan instrumen keuangan sebagai pranata sektor keuangan yang secara bersama-sama dengan pranata sektor riil saling berinteraksi dan mempengaruhi perekonomian secara makro. Dengan menggunakan kerangka pikir ekonomi mikro dan makro, dibahas mengapa dan bagaimana lembaga dan instrumen tersebut bekerja menjalankan mekanisme transmisi dalam lingkungan yang penuh dengan ketidakpastian. Materi pokok: (1) Fungsi intermediasi lembaga keuangan non-bank; (2) Struktur tingkat bunga; (3) Surat-surat berharga di pasar keuangan; dan (4) Efisiensi pasar.

ESE.303.04 – Ekonomi Keuangan Publik

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EMK, pilihan bagi lainnya

Matakuliah ini membahas tentang peranan pemerintah dalam perekonomian dengan menggunakan kerangka teori ekonomi mikro dan makro. Materi pokok dalam matakuliah ini adalah pembahasan tentang: (1) Pengeluaran pemerintah dan anggaran (2) Sumber pembiayaan pemerintahan (3) Risiko pengelolaan fiskal dan (4) Tema khusus terkait yang berbeda dalam setiap penyelenggaraan matakuliah ini.

ESE.304.06 – Ekonomi Perbankan

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EMK, pilihan bagi lainnya

Matakuliah Ekonomi Perbankan membahas tentang bank sebagai lembaga yang menjalankan fungsi intermediasi dengan menerima simpanan dan menyalurkan kredit. Kerangka berpikir ekonomi mikro dan makro menjadi panduan analisa tersebut. Diidentifikasi dan dibahas regulasi dari berbagai otoritas moneter dan keuangan dan kesepakatan lingkup global. Mahasiswa berperan aktif sebagai perorangan maupun dalam kelompok dalam rangka melengkap bahan kajian serta membahasnya dalam frum diskusi kelompok maupun kelas.

 

Matakuliah Jenjang 3

Bidang Kajian Ekonomi Kawasan dan Lingkungan (EKL)

 

ESE.305.04 – Ekonomi Regional dan Perkotaan

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EKL, pilihan bagi lainnya

Matakuliah Ekonomi Regional dan Perkotaan membahas tentang pengertian dasar dasar ekonomi regional dan ekonomi perkotaan serta bentuk kebijakan yang harus dilakukan dalam menghadapi persoalan kewilayahan dan perkotaan. Dengan menggunakan kerangka pikir ekonomi mikro dan makro, dibahas bagaimana dampak kegiatan ekonomi pada pengembangan wilayah serta peran pemerintah dalam mengatasi persoalan pembangunan regional dan perkotaan. Materi pokok: (1) Teori-teori dan model pembangunan wilayah; (2) Kota, mega urban dan agropolitan di Indonesia; (3) Otonomi daerah di Indonesia dan; (4) Keberlanjutan pembangunan daerah.

ESE.306.04 – Ekonomi Perumahan dan Permukiman

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EKL, pilihan bagi lainnya

Tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan dasar manusia selain pangan dan sandang. Mata kuliah ini membahas rumah sebagai tempat tinggal, baik yang merupakan barang privat maupun barang publik, serta hubungan antara permukiman dan pembangunan ekonomi kawasan. Kajian dilakukan dari sudut pandang ekonomi mikro dan ekonomi makro, dengan topik antara lain: permintaan dan penawaran rumah, permukiman dan pembangunan ekonomi (termasuk eksternalitas dari adanya permukiman), serta kebijakan pemerintah dalam penyediaan perumahan, terutama bagi kelompok masyarakat berpenghasilan rendah.

ESE.307.04 – Ekonomi Publik

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EKL, pilihan bagi lainnya

Ekonomi Publik membahas tentang peranan pemerintah (sektor publik) dalam perekonomian, khususnya dalam menanggulangi kegagalan pasar. Pembahasan difokuskan pada penelaahan perilaku, baik individu, pemerintah, maupun perusahaan dalam kaitannya dengan kebijakan publik yang ditetapkan pemerintah, serta dampak kebijakan publik terhadap kesejahteraan (welfare) dan keadilan (equity). Dengan kata lain, materi perkuliahan berfokus pada kajian ekonomi mikro dalam pengelolaan perekonomian. Topik-topik akan dibahas secara terintegrasi antara satu dengan yang lainnya, dan dikemas ke dalam bentuk studi kasus maupun pengerjaan proyek. Mahasiswa akan sangat banyak dituntut untuk mencari referensi (informasi akan disediakan) untuk bahan diskusi di dalam dan antar kelompok di kelas.

ESE.308.06 – Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EKL, pilihan bagi lainnya

Sumber daya alam dan lingkungan memiliki hubungan timbal balik dengan arus kegiatan ekonomi. Matakuliah Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan membahas sumber daya alam dan lingkungan yang berperan sebagai masukan (input) sekaligus sebagai faktor yang akan terpengaruh oleh kegiatan produksi dan konsumsi. Teori ekonomi mikro dan makro digunakan untuk memahami isu-isu alokasi sumber daya alam dan masalah kerusakan lingkungan; serta membahas kebijakan untuk mengatasi masalah sumber daya alam dan lingkungan, baik kebijakan yang berdasarkan pada mekanisme pasar (market-based instruments) maupun yang tidak berdasarkan mekanisme pasar (non-market-based instruments). Pembahasan mencakup beberapa jenis sumber daya alam, seperti: mineral, hutan dan sumber daya air; serta, masalah lingkungan, termasuk polusi dan perubahan iklim.

Matakuliah Jenjang 3

Bidang Kajian Ekonomi Industri dan Perdagangan (EIP)

ESE.309.04 – Ekonomi Pertanian

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EIP, pilihan bagi lainnya

Matakuliah Ekonomi Pertanian membahas tentang usaha tani yang beroperasi di pasar yang penuh dengan ketidakpastian. Dengan menggunakan kerangka pikir ekonomi mikro dibahas bagaimana efisiensi usaha tani mempengaruhi kesejahteraan petani, serta berbagai upaya yang mungkin dilakukan untuk memitigasi risiko yang dihadapi usaha tani. Topik : (1) Masalah dan kebijakan pertanian di Indonesia; (2) Teori produksi usaha tani; (3) Stabilisasi harga komoditas pertanian; dan (4) Kesejahteraan petani.

ESE.310.04 – Ekonomi Industri

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EIP, pilihan bagi lainnya

Matakuliah Ekonomi Industri membahas tentang perusahaan/industri yang beroperasi dipasar yang penuh dengan ketidak pastian. Persaingan dan kekuatan pasar adalah kondisi yang selalu ada dalam perekonomian. Dengan menggunakan kerangka pikir ekonomi/teori ekonomi baik mikro maupun makro,  dibahas tentang efisiensi produksi , struktur pasar, keputusan dan kinerja perusahaan yang saling berinteraksi. Materi pokok ini mencakup : (1) Hipotesis effisiensi; (2) Paradigma struktur-perilaku-kinerja: (3) Analisis Input-Output; dan (4). Kebijakan pemerintah di sektor industri dan keterkaitannya dengan sektor ekonomi lainnya.

ESE.311.04 – Ekonomi Sumber Daya Manusia

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EIP, pilihan bagi lainnya

Matakuliah Ekonomi Sumber Daya Manusia bertujuan memberi pemahaman tentang bekerjanya pasar tenaga kerja dan kinerja yang dihasilkan, pengambilan keputusan pekerja maupun calon pekerja serta kebijakan pemerintah di bidang ketenagakerjaan. Dengan menggunakan landasan teori Mikro dan Makro akan dibahas topik-topik seperti penawaran tenaga kerja dan investasi modal manusia, family economics, penentuan dan struktur upah, serikat pekerja dan collective bargaining, diskriminasi di pasar tenaga kerja, produktivitas tenaga kerja serta pengangguran.

ESE.312.06 – Ekonomi Internasional

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EIP, pilihan bagi lainnya

Matakuliah Ekonomi Internasional bertujuan memberi pemahaman tentang berbagai teori dan kebijakan perdagangan internasional serta sisi keuangan dalam ekonomi internasional. Berbagai topik yang akan dibahas dalam mata kuliah ini antara lain adalah: teori perdagangan klasik – modern, masalah strategi dan kebijakan perdagangan internasional, kerjasama regional dan MNC, masalah neraca pembayaran, pasar valuta asing, sistim kurs dan lembaga moneter internasional.

Matakuliah Jenjang 3

Pilihan Bebas

ESE.316.03 – Ekonomi Strategi

Status: Pilihan

Matakuliah Ekonomi Strategi membahas tentang perusahaan sebagai pelaku produksi dalam pasar yang penuh dengan ketidakpastian. Dengan menggunakan kerangka pikir ekonomi mikro, dibahas berbagai hal yang membentuk lingkungan bisnis, serta pilihan strategi untuk bertahan dan berkembang dalam lingkungan bisnis yang terus berubah.

ESE.317.03 – Aspek Politik dalam Ekonomi

Status: Pilihan

Perkuliahan ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang 2 hal besar. Pertama, teori dan konsep politik – ekonomi terutama dalam pembangunan yang dapat digunakan untuk menganalisis dinamika dan masalah pembangunan di negara sedang berkembang, termasuk berbagai perdebatan paradigmatik. Kedua, pembahasan  tentang tema-tema aktual dimensi politik dalam pelaksanaan pembangunan, termasuk kemiskinan dan ketertinggalan, politik industrialisasi, politik perburuhan dan hubungan industrial, sektor informal, reformasi birokrasi dan pelayanan publik, budaya dan agama dalam pembangunan, serta peran donor internasional dalam pembangunan. Mata kuliah ini diakhiri dengen penyusunan proposal pembangunan.

ESE.318.03 – Aspek Hukum dalam Ekonomi

Status: Pilihan

Matakuliah Aspek Hukum dalam Ekonomi membahas tentang bentuk, makna, dan peran berbagai produk hukum dalam mengatur/menentukan kegiatan dari berbagai pelaku ekonomi dalam lingkup nasional maupun global. Beberapa produk perundang-undangan akan dipilih sebagai topik bahasan untuk dikaji secara cukup mendalam.

ESE.319.03 – Aspek Sosiologi dalam Ekonomi

Status: Pilihan

Mata kuliah ini mengkaji secara teoritik dan empirik, bahwa tindakan-tindakan dan institusi-institusi ekonomi melekat erat (embedded) dalam tindakan-tindakan sosial yang berlangsung dalam institusi-institusi sosial yang mewadahinya. Pada hakekatnya, tidak ada tindakan sosial yang tidak berlangsung dalam situasi sosial tertentu (socially situated), dikonstruksi secara sosial (socially constructed), dan ditentukan secara (soccially determined).

ESE.320.03 – Ekonomi Pariwisata

Status: Pilihan

Matakuliah ini membahas sektor pariwisata dari aneka perspektif ekonomi: konsumsi, penyediaan, investasi, lingkungan hidup, juga dampak kepada dinamika kemasyarakatan dan budaya. Materi perkuliahan diarahkan kepada diskusi dan analisa pariwisata dalam konteks dampak ekonomi, serta pembangunan berkelanjutan (sustainable tourism). Pembelajaran dilakukan dengan metode Pembelajaran Berbasis Proyek. Topik: 1. Pengantar Ekonomi Pariwisata; 2. Permintaan pariwisata; 3. Penyediaan jasa pariwisata (sisi penawaran); 4. Dampak pariwisata terhadap perekonomian lokal; 5. Pariwisata dan lingkungan; 6. Responsible tourism, dampak sosial dan budaya; dan 7. Peran pemerintah dan masyarakat dalam pariwisata.

Matakuliah Jenjang 4

ESE.407.04 – Seminar Perekonomian dan Bisnis Indonesia

Status: wajib umum dan kendali mutu

Seminar Perekonomian dan Bisnis Indonesia membahas perekonomian dan bisnis Indonesia dari berbagai aspek pilihan mahasiswa.  Mahasiswa bekerja dalam kelompok yang dibangun dengan menggabungkan minimal 2 bidang kajian sebagai latihan lebih lanjut bagi mahasiswa untuk membangun argumen dari cara pandang yang berbeda dalam rangka mendapatkan pemahaman yang utuh tentang perekonomian dan bisnis di Indonesia. Makalah yang dihasilkan disajikan dalam konferensi pada lingkup program studi (bukan hanya lingkup matakuliah).

ESE.401.04 – Seminar Ekonomi Moneter dan Keuangan

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EMK

Seminar Ekonomi Moneter dan Keuangan membahas masalah ekonomi di bidang moneter, perbankan, dan keuangan dari aspek teori dan empiri. Mahasiswa secara perorangan membuat kajian ilmiah dalam bidang moneter dan keuangan yang diminati.  Hasil akhir berupa makalah disajikan dalam konferensi pada lingkup program studi (bukan hanya lingkup matakuliah).

ESE.402.06 – Skripsi Ekonomi Moneter dan Keuangan

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EMK

Skripsi Ekonomi Moneter dan Keuangan merupakan penelitian tentang masalah dan/atau kebijakan di bidang moneter, fiskal, perbankan, dan keuangan lainnya yang dilakukan mahasiswa dibawah bimbingan satu atau lebih dosen pembimbing. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat berdasarkan kajian atas minimal dua karya ilmiah terpublikasi secara internasional. Hasil penelitian dituliskan sebagai laporan penelitian yang disajikan dan dipertahankan dihadapan para penguji skripsi dalam sidang terbuka yang juga berfungsi sebagai sidang sarjana.

ESE.403.04 – Seminar Ekonomi Kawasan dan Lingkungan

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EKL

Seminar ini membahas topik-topik ekonomi lingkungan dan kewilayahan dari sisi teori maupun empiri. Mahasiswa secara perorangan membuat kajian ilmiah dalam bidang kawasan dan lingkungan yang diminati.  Hasil akhir berupa makalah disajikan dalam konferensi pada lingkup program studi (bukan hanya lingkup matakuliah).

ESE.404.06 – Skripsi Ekonomi Kawasan dan Lingkungan

Status: wajib dan kendali mutu kajian EKL

Skripsi Ekonomi Kawasan dan Lingkungan merupakan penelitian tentang masalah dan/atau kebijakan terkait pengembangan kawasan dan lingkungan yang dilakukan mahasiswa dibawah bimbingan satu atau lebih dosen pembimbing. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat berdasarkan kajian atas minimal dua karya ilmiah terpublikasi secara internasional. Hasil penelitian dituliskan sebagai laporan penelitian yang disajikan dan dipertahankan dihadapan para penguji skripsi dalam sidang terbuka yang juga berfungsi sebagai sidang sarjana.

ESE.405.04 – Seminar Ekonomi Industri dan Perdagangan

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EIP

Seminar EIP membahas masalah dan kebijakan dalam bidang industri dan perdagangan dari aspek teori dan empiri.  Mahasiswa secara perorangan membuat kajian ilmiah dalam bidang industri dan perdagangan yang diminati.  Hasil akhir berupa makalah disajikan dalam konferensi pada lingkup program studi (bukan hanya lingkup matakuliah).

ESE.406.06 – Skripsi Ekonomi Industri dan Perdagangan

Status: Wajib dan kendali mutu kajian EIP

Skripsi EIP merupakan penelitian tentang masalah dan/atau kebijakan di bidang industri dan perdagangan yang dilakukan mahasiswa dibawah bimbingan satu atau lebih dosen pembimbing.  Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat berdasarkan kajian atas minimal dua karya ilmiah terpublikasi secara internasional.  Hasil penelitian dituliskan sebagai laporan penelitian yang disajikan dan dipertahankan dihadapan para penguji skripsi dalam ujian terbuka yang juga berfungsi sebagai sidang sarjana.

 

Matakuliah Umum (MKU)

MKU.001.02 – Pendidikan Pancasila

Status: wajib umum

Matakuliah ini membahas berbagai fenomena kehidupan bernegara di Indonesia dengan menggunakan pendekatan hermeneutik dan pedagogis. Melalui hermenutika, mahasiswa didorong untuk menampilkan sikap kritis terhadap ideologi Pancasila; melalui pedagogi, mahasiswa dilatih untuk memiliki nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai pengembangan diri yang terkait dengan hubungan intra- dan inter-personal dapat dicapai melalui pendidikan Pancasila, yang memiliki tujuan untuk pengembangan martabat dan integritas.

MKU.002.02 – Pendidikan Kewarganegaraan

Status: wajib umum

Matakuliah ini menggarisbawahi pentingnya pemahaman akan identitas nasional Indonesia, hak serta kewajiban warga Negara dan kaitannya dengan hak asasi manusia, wawasan nusantara, ketahanan nasional, strategi politik dan strategi nasional lainnya. Juga dibahas tentang bagaimana implementasi pemahaman itu dalam kehidupan bermasyarakat.

MKU.003.02 – Pendidikan Agama (Katolik)

Status: wajib umum (tidak perlu ditempuh bila sudah lulus dari MKU.004.02)

Bertujuan untuk membentuk karakter religius melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang agama dan kehidupan beragama. Matakuliah ini berpusat pada mendeteksi wahyu Tuhan dalam hidup maupun kepercayaan seseorang, serta pemahaman akan hubungan manusia dengan Tuhan dan sesama. Mahasiswa juga diperkenalkan pada arti keselamatan melalui kerajaan Allah, dan bagaimana mewartakan karya Tuhan dalam pelayanan kepada sesama.

MKU.004.02 – Pendidikan Agama (Fenomenologi)

Status: wajib umum (tidak perlu ditempuh bila sudah lulus dari MKU.003.02)

Matakuliah ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari analisa filosofis, kritis, rasional dan obyektif tentang pendidikan dan intisari agama. Fenomenologi agama adalah bidang empiris yang menganalisa dinamika kehidupan manusia secara kritis dan rasional, mulai dari upaya untuk menjadikan Tuhan sebagai obyek pemujaan sampai menempatkan Tuhan sebagai dasar pembenaran untuk bertindak melawan perintah Tuhan. Dari sudut pandang itu, matakuliah ini menekankan kritik konstruktif akan perilaku manusia beragama.

MKU.008.02 – Etika

Status: wajib umum dan kendali mutu

Melalui matakuliah ini mahasiswa didorong untuk memahami nilai dan prinsipprinsip moral, mengartikan tujuan hidup, untuk memiliki kemampuan kritis dalam menghadapi situasi konkret, dan untuk bertindak atas dasar pertimbangan dan nalar rasional. Materi: persoalan-persoalan etika kontemporer; pemahaman dan ruang lingkup etika; kebebasan dan tanggungjawab, nalar, dan langkah-langkah kesadaran moral; etika normatif, prinsip-prinsip moral; etika profesi, etika dan bisnis dalam dunia modern, dan persoalan-persoalan etis dalam bisnis.

MKU.009.02 – Bahasa Indonesia

Status: wajib umum

Matakuliah ini menekankan kepada penggunaan bahasa yang benar dalam menyusun kalimat dan paragraf. Materi: penulisan huruf, kata, unsur serapan, dan pemakaian tanda baca; pembentukan kata dan pemakaian bentuk kata dalam kalimat; pola kalimat baku, kalimat efektif, dan variasi kalimat; tata istilah, definisi, dan silogisme; syarat, jenis, dan pengembangan paragraf; plagiarism. Pembelajaran bertujuan agar mahasiswa trampil berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dengan baik dan menjunjung tinggi asas orisinalitas (kejujuran).

MKU.010.02 – Bahasa Inggris

Status: wajib umum

Matakuliah ini menekankan kepada pengembangan kemampuan untuk memahami artikel atau teks berbahasa Inggris, di mana diperkaya pemahaman akan kosa kata. Materi mencakup penggunaan konteks untuk menjelaskan arti kata; membedakan antara fakta dan opini; mengevaluasi fakta dalam bacaan; pmengenali awalan dan akhiran.

MKU.011.02 – Estetika

Status: wajib umum

Matakuliah ini menawarkan pemahaman konseptual tentang filsafat “seni” dari sudut pandang empiris, dan juga membentuk kesadaran ekologis dalam proses peradaban dan pembudayaan. Matakuliah ini merupakan dasar bagi mahasiswa untuk memahami dan mempraktekkan seni dalam konteks filosofis, sejarah, budaya dan global.

MKU.012.02 – Logika

Status: wajib umum

Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan berpikir yang rasional dan sistematis. Termasuk di sini, kemampuan berpikir deduktif dan induktis, seperti silogisme, argumen analogis, dan generalisasi induktif. Diskusi dalam hal teori disertai dengan pelatihan yang berfokus pada proses berpikir. Untuk mempertajam kemampuan berpikir, mahasiswa dilatih untuk mengidentifikasi kesalahankesalahan (fallacies) dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam konteks ilmiah.